Rabu, 02 Oktober 2019

Terungkap! 3 Manfaat Misi Pendaratan Manusia ke Bulan

Batas Berita - Lima puluh tahun lalu, tepatnya 20 Juli 1969, para Astronot berhasil melakukan pendaratan di Bulan melalui misi Appollo. Ini kemudian menjadi tonggak bersejarah yang memengaruhi kehidupan manusia. Perjalanan ke Bulan itu memakan biaya 200 miliar dollar AS atau Rp2.800 triliun. Beruntung, misi Apollo membawa dampak signifikan bagi kehidupan manusia di Bumi. Apa saja:
Teknologi Nirkabel
Sejumlah alat yang dibawa oleh para Astronot adalah alat-alat yang mudah dibawa, ringkas dan ringan. Bahkan, alat-alat tersebut harus bisa beroperasi tanpa kabel meski memerlukan aliran listrik. Riset yang dilakukan dan percobaan alat-alat tersebut di Luar Angkasa ternyata berguna hingga sekarang. Sejak tahun 70an, alat-alat rumah tangga maupun elektronik sudah mengadopsi teknologi nirkabel.
Penyulingan atau Pemurnian Air
Teknologi pemurnian air yang dipakai di dalam pesawat Apollo sekarang digunakan untuk membunuh bakteri, virus dan ganggang yang hidup dalam air. Program ini menjadi pelopor penggunaan teknologi bebas-klorin berdasarkan ion perak dan banyak digunakan pada kolam renang dan air mancur di seluruh dunia.
Baju Tahan-Api

Kecelakaan Apollo 1 kala latihan terbang pada tahun 1967 telah membunuh tiga Astronot di dalamnya dan merusak program Luar Angkasa AS. Tetapi, dari peristiwa ini NASA mengembangkan baju yang berbahan tahan-api. Nah, model baju yang dipakai para Astronot itu ternyata diadopsi oleh petugas pemadam kebakaran.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar