Selasa, 15 Oktober 2019

Ini 5 Bencana Topan Terdahsyat yang Pernah Terjang Asia Selain Hagibis

Batas Berita - Topan Hagibis menerjang Jepang pada Sabtu (12/10). Akibat Hagibis, korban tewas dilaporkan mencapai sekitar 58 jiwa, lebih dari selusin orang hilang, serta ratusan warga lainnya luka-luka.
Dahsyatnya topan tropis yang melanda wilayah Asia tidak hanya terjadi kali ini saja. Tercatat, beberapa bencana topan besar pernah melanda negara-negara di Asia hingga menyebabkan ribuan orang meninggal dunia.
Dan Merangkum 5 topan terdahsyat yang pernah menerjang Asia.
1. Topan Haiyan (2013)  

Jika ditilik dari jumlah korban tewas dan kecepatan angin, Topan Haiyan atau biasa disebut Super Topan Yolanda masuk ke kategori topan terburuk yang pernah menerjang wilayah Asia. Pasalnya, saat menerjang wilayah Asia Tenggara, khususnya Filipina pada 8 November 2013 silam, Haiyan berembus dengan kecepatan mencapai hingga 315 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, Haiyan masuk sebagai badai kategori 5.

Topan ini mengakibatkan 6.300 jiwa tewas dan langsung menjadi topan paling mematikan yang pernah melanda Filipina. Selain itu, lebih dari 11 juta orang diperkirakan terkena dampak akibat Topan Haiyan. Tidak hanya itu, diketahui lebih dari 1,9 juta orang juga harus kehilangan tempat tinggal.
2. Topan Haiphong (1881) 

Topan Haiphong menempati urutan ketiga dalam daftar badai tropis paling mematikan sepanjang sejarah. Tidak main-main, topan yang terjadi pada 8 Oktober 1881 silam ini memporak-porandakan daerah Haiphong, Vietnam serta wilayah pesisir sekitarnya.
Meskipun ukuran kecepatan Haiphong tidak bisa diketahui lantaran terbatasnya teknologi meteorologis pada zaman itu, tetapi topan ini membuat sekitar 300 ribu orang tewas. Padahal, sebelumnya, topan ini sempat melewati wilayah Filipina dan setidaknya menyebabkan 10 ribu-20 ribu orang meninggal dunia.
3. Topan Nina (1975) 

Topan Nina disebut-sebut sebagai badai tropis paling mematikan nomor empat setelah Haiphong. Pasalnya, Topan Nina yang muncul pada 30 Juli 1975 ini digolongkan menjadi Topan Super Kategori 4. 
Akibat kekuatannya yang besar, topan ini mampu meruntuhkan berbagai bendungan, terutama Bendungan Banqiao yang terletak di kota Zhumadian, Provinsi Henan, China. Akibatnya, banjir besar pun tidak terelakkan. Topan ini membuat 229 ribu orang dinyatakan tewas. Bahkan, topan ini sempat memicu kelaparan masal lantaran banjir menggenangi banyak area pertanian.
Sementara saat menghempas Taiwan, hembusan Topan memicu banjir dan tanah longsor. Akibatnya, sekitar 29 orang menjadi korban tewas, 168 orang dinyatakan luka-luka, dan merusak 3 ribu rumah.
4. Topan Vera (1959) 

auh sebelum Hagibis, Jepang juga pernah dilanda salah satu topan paling mematikan yaitu Topan Vera atau juga biasa disebut dengan nama 'Topan Isewan'. Hingga sekarang, Topan Vera disebut-sebut sebagai topan terkuat dan mematikan yang pernah menerjang Jepang.
Topan yang dimulai pada 20 September 1959 silam ini digolongkan menjadi Badai Kategori 5. Kala itu, Topan Vera sampai memicu gelombang badai dahsyat, curah hujan tinggi, hingga banjir. Bencana ini menghancurkan banyak sistem pertahanan banjir, membanjiri wilayah pesisir hingga menenggelamkan kapal-kapal terutama di wilayah sekitar Honshu.
Pemerintahan Jepang saat itu dilaporkan menderita kerugian hingga mencapai sekitar USD 600 juta atau setara dengan USD 5,16 miliar (Rp73 triliun lebih) pada tahun 2018. Topan Kategori 5 ini juga mengakibatkan 5 ribu korban tewas, 39 ribu orang luka-luka, dan sekitar 1,5 juta warga kehilangan tempat tinggal.
5. Topan Ida (1958) 

Jepang juga pernah dilanda topan dahsyat lainnya, yaitu Topan Kanogawa atau biasa disebut Topan Ida. Topan yang terbentuk pada 20 September 1958 ini bahkan sempat digolongkan sebagai Topan Super Kategori 5.
Berkat topan ini, banjir besar melanda wilayah tenggara Jepang dan mengakibatkan lebih dari 1.900 kasus tanah longsor, 120 ribu hektar sawah tergenang air, 1.269 orang tewas, dan sekitar 12 ribu orang kehilangan hunian. Saat itu, kerusakan diperkirakan mencapai USD 50 juta (Rp708,2 miliar).
Itulah 5 topan terdahsyat yang pernah menerjang Asia.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar