Rabu, 29 Januari 2020

Tips Atasi Depresi Tanpa Minum Obat

Batas Berita - Tak bisa dihindari kedatangannya, Stres harus tetap segera ditangani. Sebab, Stres yang tidak tertangani dapat memanggil banyak penyakit tidak menular ke tubuh mu.
Tak hanya itu, Stres yang tidak teratasi juga bisa berlanjut ke tingkat Depresi yang berujung pada hal terburuk yaitu bunuh diri. Dilansir dari Yourtango, ada beberapa cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengusir Depresi selain dengan Minum Obat-obatan.
Aktif bergerak
Usahakan aktif bergerak secara fisik setiap hari. Olahraga adalah salah satu cara alami yang efektif mengatasi Depresi.
Olahraga akan meregulasi zat kimia pada otak dan meningkatkan neurotransmitter, termasuk serotonin, norepinefrin dan endorfin secara alami.
Olahraga apapun akan membawa manfaat, namun kamu bisa mencoba yoga, jalan kaki, atau olahraga berat badan seperti jumping jack atau push up. Cobalah melakukannya tiga hingga lima kali seminggu selama 20-30 menit.
Menghadap Ke Cahaya
Jika memungkinkan, cobalah meluangkan waktu setidaknya 20 menit untuk membiarkan tubuh terpapar sinar matahari. Vitamin D penting untuk mengontrol gejala-gejala Depresi.
Tidur Nyenyak Setiap Malam
Ada hubungan yang kuat antara insomnia dan Depresi. Sebuah studi terbaru menemukan, kita juga bisa mengatasi Depresi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Banyak teknik spesifik yang bisa mendukung.
Jika kamu sudah berolahraga dan menerapkan pola makan sehat, cobalah memperbaiki kualitas dan kuantitas tidurmu. Hindari penggunaan alat elektronik atau menonton televisi jelang waktu tidur, serta hindari tidur siang.
Meditasi
Sejumlah studi terbaru menunjukkan adanya hubungan asimetris antara lobus frontal kanan dan kiri pada otak sebagai penanda untuk individu yang memiliki kecenderungan mengalami Depresi. Asimetris tersebut disebabkan oleh Stres
Meditasi terbukti efektif mengatasi Stres dan secara fungsi mampu menciptakan simetri antar-lobus. Jika dilakukan secara rutin, meditasi dapat merestukturisasi otak. Cara ini jauh lebih efektif dari obat-obatan dalam mencegah Depresi kambuh karena dampak perubahan yang permanen.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar