Rabu, 29 Januari 2020

Ini 5 Tips Jitu jadi Rekan Kerja yang Lebih Open-minded

Batas Berita - Keberagaman di dalam sebuah lingkungan kerja adalah hal yang sangat wajar. Meskipun mengetahui hal ini, banyak orang yang masih belum menyadari dan kerap memilih untuk bekerja untuk dirinya sendiri. Padahal jika kesadaran akan keberagaman tumbuh subur dalam lingkungan kerja, maka stres dapat turun secara drastis dan produktivitas dapat meningkat. Salah satu hal yang layak dilakukan adalah dengan meningkatkan pemikiran Open-Minded sehingga tercipta suasana kerja yang inklusif.
Dilansir dari berbagai sumber oleh AKURAT.CO, ini tips jitu untuk jadi Rekan Kerja yang lebih terbuka sehingga mampu bekerja bersama dengan baik.
1. Terhubung dengan orang baru
Menjadi lebih terbuka dan inklusif tidak harus melakukan sebuah aktivitas yang berdampak besar. Kamu hanya cukup menyapa orang-orang di sekitar meja kerjamu yang tidak pernah atau jarang kamu sapa sebelumnya. Makan siang bersama dengan orang yang berada jauh jaraknya dengan meja kerjamu atau pergi bersama dengan orang yang jarang kamu temui saat rapat perusahaan. Sehingga, kamu bisa lebih terhubung dengan orang-orang baru di lingkungan kerjamu.
2. Dengarkan dan beri tanggapan
Satu hal yang membuat banyak orang cepat sekali menghakimi pendapat orang lain sehingga menutup kemungkinan situasi yang inklusif adalah ketidakmampuan untuk mendengar. Aktivitas ini memang terlihat mudah, tetapi penerapannya sulit sekali. Mendengar mencakup beberapa kegiatan kecil mulai dari mengerti apa yang dibicarakan orang lain, antusias, hingga memberikan tanggapan yang sesuai. Kuncinya, berikan ruang yang luas dan nyaman untuk rekan kerjamu berbicara.
3. Perkuat ide Rekan Kerja
Lingkungan kerja memang didesain menjadi lingkungan yang kompetitif. Namun banyak orang berkompetisi untuk diri mereka sendiri. Padahal, sejatinya, untuk menjadi tim yang inklusif dan terbuka, ide dan gagasan setiap orang selalu berharga. Memberikan dukungan penuh dan semangat kepada ide dan gagasan orang lain adalah salah satu cara paling sederhana untuk mewujudkan lingkungan yang inklusif dan meningkatkan rasa keterbukaan. Jika memang ada yang kurang, beri kredit gagasan tersebut dan perkuat gagasannya dengan idemu.
4. Jangan ragu ajukan pertanyaan
Jika lingkungan kerja semakin terhubung, salah satu dampak yang bisa kamu lihat adalah kamu akan mengetahui kebiasaan dari rekan kerjamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih banyak belajar dan terlibat dengan mereka. Ketika kamu mendapati rekan kerjamu tidak menggunakan headset yang biasa dipakainya, maka jangan pernah ragu untuk bertanya. Terkadang, hal tersebut bisa saja berdampak pada hal-hal yang bersifat sensitif. Namun, bisa juga hal tersebut membuka jalan menuju keterbukaan.
5. Gunakan bahasa dan nada yang datar ketika berbicara
Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Maka, tak heran jika setiap orang juga memiliki makna yang berbeda dalam bahasa yang digunakan. Menggunakan nada tinggi tidak menunjukkan efek apa pun bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang lain, nada tinggi menjadi tanda orang tersebut sedang marah. Hal yang paling mudah untuk dapat terus terhubung dengan Rekan Kerja adalah terus awasi penggunaan bahasa ketika berkomunikasi dan gunakan nada bicara datar yang tidak menimbulkan makna apa pun.
Berpikiran Open-Minded sehingga menghasilkan inklusivitas sering kali menjadi topik kecil yang tidak dihiraukan dalam sebuah perusahaan. Padahal, topik ini dapat menimbulkan perubahan yang begitu besar bagi perusahaan.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar