Selasa, 11 Juni 2019

5 Tips Hilangkan Bekas Luka Cipratan Minyak Panas dengan Bahan Alami

Batas Berita - Saat menggoreng, minyak panas kerap terpercik ke tangan kita. Meskipun sedikit, percikan ini tak jarang menimbulkan rasa panas dan meninggalkan bekas luka.
Tampilan bekas luka cipratan minyak ini terkadang membuat kita tidak nyaman. Namun ternyata, bekas luka cipratan minyak bisa dibantu dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami.
Dari berbagai sumber, pada Selasa (11/6), berikut AKURAT.CO himpun bahan alami yang dapat menghilangkan bekas luka cipratan minyak.
1. Lidah buaya
Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kecantikan. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan bekas luka akibat cipratan minyak panas.
Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, juga asam folat. Efek dingin pada lidah buaya juga dapat memberi sensasi menenangkan pada luka bakar.
Caranya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya pada luka. Lakukan setiap hari setelah kulit tidak melepuh, atau mulai mengering.
2. Mentimun
Mentimun juga dapat membantu mengurangi rasa terbakar akibat percikan minyak panas. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan, vitamin C, dan K pada mentimun.
Caranya adalah dengan menempelkan dengan sedikit tekanan potongan mentimun pada kulit yang terkena cipratan minyak panas. Diamkan selama kurang lebih 30 hingga 40 menit.
3. Madu dan kunyit
Campuran kunyit yang telah dihaluskan dengan madu juga dapat membantu meredakan rasa panas. Namun, campuran ini hanya dapat dioleskan jika luka pada kulit tidak sobek atau mengeluarkan darah.
Caranya, aduk 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok makan bubuk kunyit. Setelah teraduk rata, oles pada bagian luka dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Susu dingin
Susu dingin menjadi salah satu minuman favorit karena rasanya yang enak sekaligus menyehatkan. Ternyata, susu dingin juga dapat membantu menyembuhkan luka bekas cipratan minyak panas. Caranya, rendam bagian yang terkena minyak panas dalam susu dingin selama kurang lebih 30 menit.
5. Baking soda
Campuran baking soda, minyak zaitun, dan air juga dapat membantu meringankan luka akibat cipratan minyak panas. Bahkan, jika dilakukan secara rutin dapat membantu menghilangkan bekas luka. Caranya, kompres luka menggunakan campuran cairan tersebut.
Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba! []


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar