Selasa, 12 November 2019

Kenapa Minyak Kedelai Lebih Baik dari Minyak Zaitun, Apa Keunggulannya?

Batas Berita - Minyak adalah bahan penting yang digunakan dalam masakan apapun. Menggunakan minyak untuk menyiapkan makanan telah mendapat banyak perhatian karena potensi dampak buruk yang ditimbulkan oleh minyak goreng.
Minyak goreng dianggap tidak sehat karena kandungan omega-6 yang tinggi yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Dan karena mereka mengalami banyak pengolahan, mereka menghilangkan sebagian besar nutrisi.
Bagaimanapun, minyak goreng adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah masakan, dan kita harus mencari yang baik.
Ketika banyak minyak nabati seperti minyak bunga matahari, minyak alpukat, dan minyak kelapa dipandang sebagai pilihan yang lebih sehat, kali akan membahas dua jenis lainnya, yakni minyak kedelai dan zaitun.
Dan lihat bagaimana minyak kedelai sebenarnya lebih sehat daripada yang banyak dibicarakan; minyak zaitun.
Lemak tak jenuh ganda
Lemak tak jenuh ganda adalah setengah dari lemak sehat yang dikenal sebagai lemak tak jenuh. Dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lemak tak jenuh ganda telah meningkatkan kesehatan jantung.
Sementara minyak kedelai dan minyak zaitun rendah lemak jenuh, kedelai kaya lemak tak jenuh ganda, dengan komposisi total 61 persen, berbeda 9 persen yang ada dalam minyak zaitun. Dengan demikian minyak kedelai lebih baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.
Lemak jenuh
Alasan utama mengapa minyak goreng memiliki reputasi buruk adalah karena kandungan lemaknya yang tinggi. Sebagian besar minyak sarat dengan lemak tidak sehat yang dikenal sebagai lemak jenuh, yang dikenal dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Baik minyak kedelai dan minyak zaitun rendah lemak jenuh dan memiliki komposisi yang sama, meskipun yang pertama memiliki rasio lemak tak jenuh lemak yang lebih baik.
Asam lemak omega-3
Jenis lemak tak jenuh ganda, omega-3 adalah asam lemak yang biasanya ditemukan pada ikan seperti salmon dan sarden. Ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan fungsi otak, melawan kecemasan dan depresi, dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.
Minyak kedelai adalah salah satu dari sedikit makanan nabati yang memiliki lemak omega-3, sehingga membuatnya lebih bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dibandingkan dengan minyak zaitun.
Harga
Karena minyak digunakan setiap hari, ia cepat habis. Sebagian besar rumah tangga tidak bisa mengeluarkan banyak uang untuk barang-barang yang perlu diisi ulang secara teratur, dan ini adalah tempat minyak kedelai sangat berguna.
Ini adalah salah satu minyak goreng yang lebih hemat, dan dibandingkan dengan harga minyak zaitun yang selangit, ya tentu saja minyak goreng lebih terjangkau.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar